Kamis, 24 Desember 2015

TIPS MENGKILATKAN MOBIL





Biar mobil anda catnya mengkilap dalam jangka waktu lama dan cat mobil lebih terlindungi, mobil anda perlu dipoles/di wax. Lapisan tipis yang transparan dari bahan wax akan melindungi cat mobil anda. Lapisan ini dapat melindungi body mobil dari lecet ringan, lecet akibat terkena kerikil dan membuatnya tidak terlalu kelihatan. Lapisan ini juga bisa melindungi lecet yang dalam sehingga bagian yang lecet dalam tersebut tidak cepat berkarat.
 

Sebaiknya mobil anda di wax memakai produk wax berkualitas setiap tiga bulan sekali agar cat tetap mengkilat dan body mobil mendapatkan perlindungan ekstra. Kalau mobil anda tidak pernah di poles dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya mobil anda dibawa dulu ke salon mobil untuk dipoles pakai mesin dan obat khusus biar kotoran dan noda yang nempel di body mobil anda hilang.

Sebelum mobil anda dipoles, mobil anda harus dicuci dulu sampai bersih dan dilap sampai kering. Proses pemolesan mobil sebaiknya dilakukan di tempat yang teduh alias tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung, biar obat poles tidak cepat mengering.

Dalam memoles mobil gunakan busa kecil yang lembut dan juga lap yang lembut. Kalau obat poles yang digunakan berupa cairan, kocok terlebih dahulu sampai merata sebelum digunakan. Proses pemolesan mobil sebaiknya dilakukan per bagian, misalnya satu pintu terlebih dahulu sebelum dilanjutkan ke bagian-bagian yang lain.

Taruh obat poles secukupnya pada busa dan mulai gosokkan pada satu bagian (misalnya satu pintu) mulai dari bagian atas dahulu, baru bagian bawah. Dalam proses pemolesan ini anda harus melapisi bagian tersebut dengan lapisan tipis dari obat poles secara merata. Anda harus melakukannya secara hati-hati agar obat poles tidak mengenai bagian selain cat mobil, seperti: karet pelindung pintu dan bagian yang terbuat dari plastik hitam karena obat poles akan meninggalkan noda putih pada bagian tersebut.

Biarkan sekitar satu menit lalu mulailah gosok secara memutar menggunakan lap yang bersih sampai bagian tersebut mengkilap. Setelah satu bagian selesai, lakukan hal di atas di bagian lainnya sampai seluruh bagian mengkilap. Bila ada noda tertinggal di bagian plastik hitam atau karet pintu, bersihkan dengan menggunakan lap yang disemprot menggunakan obat pembersih kaca.

Ingat untuk melakukan waxing pada mobil anda setiap tiga bulan sekali agar cat mobil anda tetap mengkilat dalam jangka waktu lama dan cat mobil anda mendapat perlindungan ekstra.

0 komentar:

Posting Komentar